Friday 5 October 2012

PEMASANGAN KLAKSON KAPAL PADA MOTOR BYSON

Klakson cuma tatat titit menurut saya penyuka kecepatan tinggi masih kurang keras, oleh karena itu saya mencoba mengganti klakson si kebo dengan klakson yang menghasilkan suara lebih besar  klakson yang saya pilih yaitu yang sering disebut dengan klakson kapal, seperti pada gambar dibawah. Saya mencoba berkeliling di kota Majenang dan mendatangi satu persatu toko aksesoris motor yang ada dan saya menemukan klakson itu di salah satu bengkel dengan inisial VA. klakson yang saya beli dengan harga kurang lebih 100rb+briket, kabel dll.. sebelum membeli klakson ini saya sudah mencari info terlebih dahulu tentang klakson ini di Mbah google meliputi harga dan cara pemasangannya, namun saya mencoba untuk mempercayakan pemasangannya kepada pekerja di bengkel itu, namun apa yang terjadi ternyata pemasangan klakson tersebut tidak sama dengan apa yang saya baca di mbah google, tapi sudahlah saya diamkan saja, saya berfikir seandainya saya ngajarin pekerja itu nanti dikiranya saya keminter,, hehehe..... ya sudah saya biarkan saja sekalian menguji pekerja bengkel itu,,,,, selang berapa lama pemasangan klakson pun selesai dan saya coba hasilnya sangat tidak memuaskan, suara yang dihasilkan tidak seperti yang saya harapkan dan anehnya lagi pada saat klakson dinyalakan lampu utama meredup..... lalu sayapun pulang dengan ketidakpuasan.




GB 1. Klakson yang disebut kapal dikarenakan suaranya yang cukup memekakan telinga,, heheh




GB 2. Buka penutup bodi dan penutup tangki bahan motor sebelah kiri.

Pada hari berikutnya saya mencoba melakukan pemasangan klakson sendiri berdasarkan info yang saya dapat dari mbah google,,, pada motor byson penempatan klakson bisa berada didalam penutup tangki bahan bakar agar klakson lebih tersembunyi dan bisa terlindung dari air hujan.



GB 3. Gambar tangki bahan bakar motor byson setelah ditelanjangi .. hehe 



GB 4. Lokasi pemasangan klakson 

Untuk pemasangan klakson kita bisa sambung dengan plat besi yang sudah dilubangi kedua ujungnya ujung satunya kita baut ke klakson dan yang satunya lagi kita pasang ke baut tangki bahan bakar si kebo, untuk cara pemasangan kelistrikan klakson ada beberapa alat dan bahan yang kita butuhkan sebagai berikut :

  1. Klakson
  2. kabel 1 meter (kualitas bagus)
  3. soket female 6 buah
  4. Isolasi
  5. Ring untuk menyambung kabel ke aki (lupa namanya)
  6. Relay
  7. Gunting dll

Cara pemasangan :


  1. Hubungkan kabel dari Positif aki menuju kaki  nomor 30 pada relay
  2. Hubungkan Positif kaki klakson dengan nomor 87 pada relay
  3. Hubungkan kabel klakson dengan kedua kaki relay yang tersisa kaki nomor 85 & 86 (boleh terbalik/pemasangan bebas)
  4. Hubungkan Negatif pada pada kaki klakson dengan masa (body motor)
untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar rangkaian pemasangan klakson pada gambar dibawah ini 



GB 5. Rangkaian Pemasangan rangkaian klakson






GB 6. harus narsiSSS dong Bro... hehehehehehhe


TERIMAKASIH ATAS PERHATIANNYA, SELAMAT MENCOBA BROOOOOOOOOOOOOOOO.............


6 comments :

  1. bro itu buat plat besi kita bikin sendiri ato beli udh tersedia ya ? thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  2. Ngga salah tuh gambar om?

    ReplyDelete
  3. bro kalo teknik pemasangan kelistrikan untuk Vixion sama aja ga?

    ReplyDelete
  4. Punya saya kok cuma getar doang bang?

    ReplyDelete