Wednesday 17 October 2012

UTS PENGANTAR PENDIDIKAN


01.  Jelaskan alasan Nativisme yang menyatakan bahwa manusia tidak perlu didik !
-Jawab : Manusia tidak perlu dididik Karena menurut nativisme pendidikan itu tidak dibutuhkan oleh anak, karena aliran nativisme ini lebih menekankan pada kemampuan dari dalam diri anak itu sendiri yaitu menekankan pada pembawaan sejak lahir dari anak tersebut, sehingga nantinya apapun yang terjadi pada anak tersebut apabila anak tersebut memiliki sifat baik maka menjadi baik dan yang memiliki sifat jahat menjadi jahat itu semua tergantung dari dalam diri anak itu sendiri tanpa campur tangan dari luar.


02.  Jelaskan alasan Naturalisme yang menyatakan bahwa manusia tidak perlu didik!
-Jawab : Menurut Naturalisme anak itu tidak perlu dididik karena apabila anak dididik malah nantinya  akan merubah dari pembawaan anak yang baik berubah menjadi buruk, menurut naturalisme kita harus menyerahkan anak didik ke alam atau tidak boleh ada campur tangan dari lingkungan/pendidikan agar pembawaan baik anak dari lahir tersebut tidak rusak atau berubah menjadi buruk oleh campur tangan manusia/lingkungan melalui proses dan kegiatan pendidikan. 

03. Jelaskan perbedaan Nativisme dan Naturalisme tentang Pembawaan Manusia !
-Jawab : Antara  Nativisme dan Naturalisme itu sangat berbeda atau dapat diakatakan keduanya berbanding terbalik, menurut aliran Nativisme bahwa   keberhasilan proses pendidikan itu berasal dari dalam diri anak itu sendiri, dengan alasan “karena pengaruh lingkungan tidak akan berdaya dalam merubah perkembangan anak”. Berbanding terbalik dengan Nativisme, menurut Naturalisme itu lebih banyak menekankan bahwa “kita harus menyerahkan anak kepada alam” dalam proses pendewasaan yang berarti hanya alam/lingkungan yang memberi pengaruh pada anak tersebut tidak boleh ada pengaruh dari lingkungan atau pendidikan.
04.  Mengapa Nativisme disebut Pesimis Paedagogik ?, Jelaskan !.
-Jawab : Aliran Nativisme disebut pesimis pedagogik(pendidikan) karena aliran Nativisme itu menganggap bahwa lingkungan atau pendidikan kurang berpengaruh pada perkembangan dalam diri anak, menurut Nativisme keberhasilan pendidikan itu hanya berasal dari dalam diri anak itu sendiri jadi aliran ini mengabaikan lingkungan atau pendidikan.
05.  Mengapa Naturalisme disebut Negative Paedagogik ?, Jelaskan !.
-Jawab : aliran Naturalisme disebut Negative Paedagogik karena menurut aliran Naturalisme pendidik itu wajib membiarkan pertumbuhan anak pada alam, dengan kata lain anak tidak memerlukan pendidikan atau campur tangan limgkungan atau pendidikan, agar semua pembawaan baik yang sudah ada di dalam diri anak dari sejak lahir itu tidak rusak atau tidak berubah menjadi buruk disebabkan oleh manusia melalui proses dan kegiatan pendidikan atau lingkungan.
06.  Jelaskan alasan Empirisisme yang menyatakan manusia perlu didik !.
-Jawab : aliran empirisisme mempunyai alasan yang menyatakan manusia perlu dididik yaitu karena menurut aliran empirisisme faktor bawaan dari dalam diri anak tidak ada pengaruhnnya sedikitpun pada perkembangan anak, jadi manusia perlu untuk dididik agar anak tersebut dapat berkembang dengan baik.
07.  Jelaskan alasan Konvergensi yang menyatakan bahwa manusia perlu didik !.
-Jawab : Alasan aliran Konvergensi yang menyatakan bahwa manusia itu perlu dididik yaitu karena faktor pembawaan atau pengaruh lingkungan atau pendidikan sama-sama penting dalam perkembangan anak, bakat yang dibawa oleh anak dari sejak lahir tidak akan berkembang tanpa adanya dukungan dari lingkungan atau pendidikan yang baik” jadi menurut konvergensi seorang anak wajib untuk dididik agar anak atau bakat bawaan dapat berkembang dengan baik.

08.  Jelaskan perbedaan empirisisme dan Konvergensi tentang hubungan individu dengan lingkungan !.
-Jawab : Hanya sedikit perbedaan antara empirisisme dan konvergensi yaitu, menurut empirisisme faktor lingkungan sangat penting dalam proses perkembangan anak sementara faktor bawaan itu tidak penting dalam perkembangan anak. Berbeda dengan konvergensi, menurut konvergensi kedua hal itu yaitu faktor bawaan dan lingkungan atau pendidikan sangat penting dalam proses perkembangan anak.

09.  Bagaiman pendapat saudara, apakah manusia perlu dididik atau tidak perlu dididik ?, jelaskan alasan saudara !.
-Jawab : Menurut saya manusia itu perlu dididik, alasan saya yaitu karena tanpa pendidikan manusia tidak akan berkembang dengan baik melalui proses pendidikan bakat bawaan dari dalam diri seorang anak itu akan berkembang dengan baik, walaupun ada beberapa pengertian yang menjelaskan bahwa manusia tidak perlu dididik dan akan berkembang menjadi baik dengan sendirinya menurut saya pendapat tersebut kurang bisa diterima.
10.  Menurut Filsafat Eksistensialisme, manusia mempunyai 8 potensi yang dapat dikembangkan melalui pendidikan yaitu : kesadaran diri, eksistensi, kata hati, moral, tanggungjawab, kewajiban dan hak, kebebasan, dan kebahagiaan. Tugas saudara, jelaskan maksud ke 8 potensi tersebut secara detail !.

-Jawab :
a. Kesadaran diri : Maksud dari kesadaran diri yaitu manusia memiliki kemampuan untuk menyadari diri sehingga manusia dapat membedakan dengan yang lainnya dan juga manusia dapat membuat jarak dengan lingkungan berupa pribadi maupun/benda.
b. Eksistensi : Maksud dari eksistensi yaitu yaitu manusia mempunyai kereksistensian yaitu dengan cara dibina melalui pendidikan yaitu agar peserta didik belajar dari pengalaman, belajar melihat masa depan dari sesuatu dan mengembangkan daya kreasi sejak masa kanak-kanak.
c. Kata hati : maksud dari kata hati yaitu manusia mampu membuat keputusan baik atau benar bagi manusia sebagai manusia berdasarkan kata hati/hati nurani.
d. Moral : Maksud dari Moral yaitu perbuatan yang terealisasi dari kata hati seseorang.
e. Tanggung jawab : Maksud dari Tanggung Jawab yaitu kesetiaan manusia dalam menanggung resiko akibat dari perbuatannya, tanggung jawab dapat berupa bertanggung jawab pada diri sendiri, masyarakat dan bertanggung jawab pada Tuhan, ada berbaga cara untuk bertanggung jawab pada diri sendiri tanggung jawab dapat berupa penyesalan, pada masyarakat tanggung jawab dapat berupa cemoohan masyarakat dan tanggung jawab terhadap Tuhan dapat berupa perasaan berdosa.
f. Kewajiban dan Hak : Maksud dari kewajiban dan hak yaitu timbul sebagai manifestasi sebagai makhluk sosial, biasanya Hak akan diperoleh seseorang setelah orang tersebut melaksanakan kewajibannya.
g. Kebebasan : Maksud dari Kebebasan yaitu seseorang akan merasa bebas apabila ikatan-ikatan yang ada telah menyatu dengan dirinya dan menjiwai segenap perbuatannya.
h. Kebahagiaan : Maksud dari kebahagiaan yaitu gabungan dari berbagai hal berupa pengalaman-pengalaman dari semua kesenangan, kegembiraan, kepuasan dll.

11.  Bagaimana pandangan Determinisme tentang kebebasan manusia ?, jelaskan !
-Jawab : Pandangan Determinisme terhadap kebebasan manusia yaitu manusia tidak bebas karena terikat hukum Alam dan Tuhan, ada banyak pandangan dari determinisme yaitu Determinisme Naturalis, Biologis, Sosiologis, teologis dan psikologis. Dari pandangan-pandangan tersebut cenderung memberi anggapan materialis terhadap manusia.
12.  Bagaimana pandangan Indeterminisme tentang kebebasan manusia ? jelaskan !.
-Jawab : Ideterminisme berbanding terbalik dengan determinisme, pandangan menurut indeterminisme yaitu manusia memiliki kebebasan yang mutlak karena tidak ada keterikatan dengan hukum apapun, jadi manusia  bebas melakukan hal apapun karena tidak ada keterikatan.
13.  Bagaimana pandangan Eksistensialisme tentang kebebasan manusia ?, jelaskan !
-Jawab : menurut eksistensialisme manusia itu bebas terikat. Maksud dari bebas terikat tersebut yaitu harus tetap mengacu terhadap aturan-aturan yang berlaku
14.  Bagaimana pandangan saudara tentang kebebasan manusia  ?, jelaskan !.
-Jawab : menurut saya memang benar manusia itu perlu memiliki kebebasan tapi tetap memperhatikan aturan-aturan yang ada, saya lebih cenderung cocok ke pandangan Eksistensialisme dimana “manusia itu memiliki kebebasan tapi terikat” terikat disini mungkin bermaksud terikat pada aturan agar tidak terlalu kebablasan.
15.  Siapa pendidik itu ?, apa syaratnya ?, jelaskan !.
-Jawab :
a. Pendidik : pendidik yaitu orang-orang yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pendidikan dengan sasaran peserta didik, pendidik ada dalam tiga lingkungan yaitu lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Pendidik bukan hanya guru tapi orang tua(keluarga), tokoh masyarakat(masyarakat) itu juga di sebut pendidik.
b. Syarat seorang pendidik :
    Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
    Mempunyai kesadaran akan tugasnya disertai rasa tanggung jawab.
    Rasa wajin melaksanakan tugasnya disertai rasa tanggung jawab.
    Memiliki rasa kasih sayang kepada peserta didik.
    Senantiasa meningkatkan pengetahuan, nilai-nilai dan keterampilan-keterampilan yang dimilikinya.
    Membina hubungan baik dengan masyarakat dan mengikuti perkembangan masyarakat.
    Membina nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh masyarakat, bangsa dan negara.

16.  Siapa peserta didik itu ?, apa karakteristiknya ?, jelaskan !.
-Jawab :
a. Peserta didik : peserta didik ialah subyek didik seorang pendidik yang memiliki kemampuan untuk berfikir, mampu menjelajahi kebutuhan, masalah dan minatnya sendiri.
b. Karakteristik seorang peserta didik :
    Individu yang memiliki potensi fisik dan psikis sehingga merupakan insan yang unik, seorang peserta didik dari lahir sudah memiliki potensi-potensi yang bisa dikembangkan, proses pengembangan potensi tersebut membutuhkan bantuan dari seorang pendidik
    Individu yang sedang berkembang, sedang berkembang disini maksudnya ialah perubahan yang terjadi dalam diri peserta didik secara wajar, baik ditunjukan pada diri sendiri ataupun ke arah penyesuaian lingkungan. Pada proses perkembangan ini melalui beberapa fase dari bayi sampai dewasa tapi tiap fase tersebut berbeda.
    Individu yang membutuhkan bimbingan individual dan perlakuan manusiawi dan memerlukan pembimbing. Pada pesrta didik ada dua hal yaitu keadaan yang tidak berdaya dan adanya kemampuan untuk mengembangkan dirinya dan membutuhkan orang tua sebagai pembimbing.
    Individu yang memiliki kemampuan mandiri. Dalam perkembangan peserta didik mempunyai kemampuan untuk berkembang kearah kedewasaan dan ada kecendrungan untuk memerdekakan diri.

No comments :

Post a Comment