Tuesday 29 January 2013

Menanam Buah Naga berdaging putih (Hylocereus undatus) di daerah Cilacap

Hylocereus undatus atau yang lebih dikenal dengan Buah Naga yang merupakan tanaman buah berjenis kaktus yang berasal dari daratan Meksiko, Amerika Tengah dan Amerika Selatan, namun ternyata Buah Naga juga dapat ditanam dan berbuah di beberapa daerah di Indonesia termasuk didaerah Dusun Cisani, Desa Bantar, Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap. Paman saya sekitar tahun 2009 mendapatkan bibit Pohon Buah Naga dari Yogyakarta dan Jember dan mencoba menanamnya dibelakang rumah dan setelah kurang lebih empat tahun pohon buah naga tersebut ternyata tumbuh dengan subur dan menghasilkan buah dengan cukup bagus. 




GB 1. Pohon Buah Naga yang tumbuh subur dan sendang berbuah

Sebelum melakukan penanaman Pohon Buah Naga dibutuhkan tiang beton untuk merambatnya pohon buah naga dengan tinggi kurang lebih 2 meter, kenapa harus dengan tiang beton.? hal ini disebabkan pohon Buah Naga akan mempunyai cabang yang cukup banyak dimana pada cabang tersebut nantinya akan jadi tempat tumbuh buah.

GB 2. Buah Tanaman Buah Naga yang masih kecil

Buah naga lebih menyukai tempat yang terkena langsung sinar matahari karena hal tersebut juga akan berpengaruh pada tingkat kesuburan pohon Buah Naga. 

GB 3. Buah Tanaman Buah Naga yang masih kecil

Untuk media tanaman Paman saya hanya menggunakan campuran tanah dan pupuk kandang (kotoran kambing) saja tanpa pupuk anOrganik. Bibit yang dibutuhkan kurang lebih dengan panjang 30 CM dan tanam kedalam media tanam tetapi jangan terlalu dalam dan ikatkan dengan tiang beton yang sudah dibuat. lakukan perawatan rutin seperti penyiraman (pada musim kemarau), pemupukan, serta pemangkasan cabang agar muncul cabang-cabang baru.

GB 4. Buah Tanaman Buah Naga yang masih kecil

GB 5. Bibit Pohon Buah Naga.



GB 6. Bibit Pohon Buah Naga


GB 7. Buah Tanaman Buah Naga yang masih kecil



BERMINAT UNTUK MENANAM BUAH YANG SATU INI..???? LANGSUNG DATANG SAJA KESINI :D




2 comments :