Monday 21 January 2013

Pemasangan kunci rahasia dan alarm (klakson) sederhana pada motor byson


PEMASANGAN KUNCI RAHASIA DAN ALARM MOTOR(KLAKSON) SEDERHANA PADA MOTOR BYSON (<50rb)


Berawal dari semakin maraknya pencurian sepeda motor saya berinisiatif untuk mencari cara bagaimana memasang kunci pengaman pada motor YAMAH BYSON milik saya, setelah saya melakukan pencarian di Mbah Google saya menemukan satu rangkaian yang lumayan efektif untuk keamanan sepeda motor, gambar rangkaian pengaman sepeda motor yang saya dapatkan dari mbah google seperti di bawah ini

GB 1.Rangkain Pengaman anti maling dengan alarm (klakson)

Gambar di atas merupakan rangkaian alarm/pengaman yang saya dapatkan dari mbah google, untuk rangkaian seperti gambar di atas dibutuhkan beberapa alat dan bahan tambahan sebagai berikut :

  1. Kabel kualitas bagus 3 meter @3000 = Rp. 9000
  2. Saklar 3 kaki = Rp. 2000
  3. Relay  = Rp. 15.000
  4. Solder
  5. Tenol 1 Meter = Rp. 1500
  6. Soket (male & female) 3 pasang @500 = Rp. 3000
  7. Isolasi 2 @1000 = Rp. 2000
  8. Obeng, Tang dll

Namun setelah saya lihat dan saya bandingkan dengan keadaan pada kebo saya ternyata tidak sesuai dan tidak bisa menggunakan rangkaian seperti gambar di atas dikarenakan saya memakai klason kapal dan masa(-) terhubung terus ke bodi motor, kemudian saya mencari cara lain dan saya dapatkan ide baru yaitu dengan memanfaatkan klakson kecil yang kebetulan tidak terpakai di kebo saya untuk rangkaian yang saya buat ada salah satu alat yang tidak diperlukan seperti pada rangkaian yang saya temukan di mbah google yaitu relay dikarenakan fungsi relay pada gambar 1 yaitu untuk menjadikan klakson dengan dua fungsi sebagai klakson selayaknya dan sebagai alarm pengaman. berikut gambar rangkaian yang saya buat sangat sederhana.

GB 2. Rangkaian sederhana yang saya pasang

Gambar 2 merupakan rangkaian alarm memanfaatkan klakson yang kebetulan tidak terpakai pada kebo saya. pada rangkaian yang saya pakai tidak membutuhkan relay.

Langsung saja saya akan jelaskan cara atau proses pemasangannya, saya melakukan pemasangan pengaman ini dari jam 9 pagi hingga jam 4 sore. dan saya melakukan percobaan dan pemasangan rumah teman saya kebetulan peralatan lebih lengkap. hehehehe.. oke langsung saja menuju langkah pemasangan alarm pada motor byson yang saya lakukan,,,,


GB 3. Sebelum eksekusi dilakukan.



GB 4. Buka penutup body sebelah kanan dan kiri dan juga penutup tangki bahan bakar sebelah kiri hal ini diperlukan untuk proses pemasangan kabel / penempatan kabel.



GB 5. Buka penutup kabel CDI yang terletak di bawah jok motor 


GB 6. Siapkan bahan yang dibutuhkan (kabel 3 meter, soket 3 pasang, saklar 1 buah dll)



GB 7. Putuskan kabel yang berwarna hitam dan pasang soket femal dan male di kedua ujung kabel dan kuatkan dengan melakukan penyolderan pada soketnya (pemasangan soket bertujuan apabila suatu saat terjadi kerusakan pada saklar maka kita hanya harus menyambungkan kedua soket itu :D)




GB 8. Selanjutnya kita bongkar lampu depan si kebo untuk mencari sambungan kabel dari kunci kontak untuk mengalirkan arus positi menuju klakson pada saat kunci di putar menuju posisi ON.


GB 9. ada dua kabel yang terhubung dengan kunci kontak yaitu kabel yang berwarna merah dan cokelat, yang kita butuhkan disini kabel warna cokelat. pasang kabel dari sambungan kabel yang berwarna cokelat menuju salah satu kaki klakson.



GB 10. Hubungkan ujung dari 3 kabel ke 3 kaki saklar yang ada dan pasang soket pada 3 ujung lainya dan kuatakan dengan solder. 

selanjutnya untuk lakukan pemasangan kabel dari salah satu kaki klakson dan menuju ke bawah jok motor, untuk pemasangan kabel pada saklar yaitu, untuk kaki tengah kita pasangkan kabel yang berasa dari masa atau kabel hitam CDI yang arah dari bawah, dan untuk kedua kaki saklar yang berada disamping satu kaki kita pasang ke kabel yang berasal dari klakson dan satu kaki saklar lainya kita pasang kabel hitam yang berasal dari CDI


GB 11. Letakan atau pasang saklar di lokasi yang aman, contohnya di bawah jok motor..

Cara kerja dari rangkain alarm yang saya pasang pada kebo saya yaitu :

  1. Apabila kita posisikan saklar ON menuju klakson maka pada saat orang memutat kunci kontak ke posisi ON klakson akan berbunyi terus menerus dan mesin motor tidak akan bisa dihidupkan. walaupun lampu dan semuanya pada kondisi menyala (ON)
  2. Apabila kita posisikan saklar ON menuju CDI maka semuanya akan berfungsi seperti biasanya yaitu mesin dapat dihidupkan dan klakson tidak akan berbunyi,,,

24 comments :

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. kalo posisi ke cdi klakson bisa fungsi g bos?

    ReplyDelete
  3. GAN KALO SAMBUNGAN YANG COKLAT YANG MENUJU KE KONTAK ITU KAN DI POTONG..
    YANG 1 KE KELAKSON TRUS YANG SATU NYA KE MANA ...?

    ReplyDelete
  4. Berhasil gan.. Tapi kalo kontaknya diposisi off alarmnya mati gan, bagusnya bunyi terus sampai saklar yg dibawah jog yg diposisikan off.. Mohon pencerahan gan??

    ReplyDelete
  5. Kabel yg di kunci kontak sambung kemana gan..? (Kan disitu ada 2 kabel yg warna coklat, yg satu kita sambung ke kaki klakson , yg satu nya lagi itu yang jadi pertanyaan ...???? Sambung kemana? Mksh...

    ReplyDelete
  6. kalao di sambunngkan ke lampu sien gMana ??

    ReplyDelete
  7. mantab kreatif...bagi yang mau bawanga impor silakan mampir di www.alarmmotorku.com

    ReplyDelete
  8. gan klo it msh ada kelemahanya klo kunci kontak d matikan alarm pst mati.it solusi pake relay gan biar kunci kontak kena bobol maling dan simaling keposisikan off lg.alarm tetap bunyi sebelum kunci rahasia d off kan gt gan cara saya

    ReplyDelete
  9. gan klo it msh ada kelemahanya klo kunci kontak d matikan alarm pst mati.it solusi pake relay gan biar kunci kontak kena bobol maling dan simaling keposisikan off lg.alarm tetap bunyi sebelum kunci rahasia d off kan gt gan cara saya

    ReplyDelete
  10. gan klo it msh ada kelemahanya klo kunci kontak d matikan alarm pst mati.it solusi pake relay gan biar kunci kontak kena bobol maling dan simaling keposisikan off lg.alarm tetap bunyi sebelum kunci rahasia d off kan gt gan cara saya

    ReplyDelete
  11. gan klo it msh ada kelemahanya klo kunci kontak d matikan alarm pst mati.it solusi pake relay gan biar kunci kontak kena bobol maling dan simaling keposisikan off lg.alarm tetap bunyi sebelum kunci rahasia d off kan gt gan cara saya

    ReplyDelete
  12. gan yang pake relay work ga ????

    ReplyDelete
  13. saya sudah mencoba tetapi tidak bisa yang saya pake itu saklar 3 kaki tapi cuma on off ??????????? mohon gan butuh pencerahan

    ReplyDelete
  14. Ya harusnya walau kontak off klakson buny terus biar malingnya bingung...so pasti lari

    ReplyDelete
  15. Ya harusnya walau kontak off klakson buny terus biar malingnya bingung...so pasti lari

    ReplyDelete
  16. Halo gan, tu saklar 3 kaki utk cetekan ny 3x atau 2x..

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. saya rasa sudah benar rangkaian diatas, pada saat kontak off klakson masih tetap bunyi sebelum saklar alarmnya di off.
    sebelumnya saya jelaskan dulu rincian relay 4 kaki no 85 dan 86 adalah kumparan koil yg akan membuat kemagnetan apabila dialiri arus untuk menarik kontak relay 30 dan 87.
    berikut saya jelaskan :
    1.pada posisi saklar alarm off
    jika kontak di on, aliran arus dari aki positif diteruskan melalui kunci kontak menuju relay 85 dan 30.
    Sebenarnya ada arus positif menuju kutub positif klakson dan dari relay 85 menuju relay 86 juga sudah ada aliran arus positif sampai ke kabel sambungan ke kutub negatif klakson dan yg ke saklar alarm yg posisinya mengalir sampai menyambung kabel negatif CDI yg dipotong.
    Jadi karena tidak ada arus negatif ke klakson, klakson tidak akan bunyi dan kumparan koil relay 85 dan 86 belum bekerja.

    2.Pada posisi saklar alarm on, bagian saklar alarm menempel ke arus negatif / ground. jadi yg tadi belum terdapat arus negatif pada kutub negatif klakson dan relay 86,sekarang sudah ada aliran negatif, tinggal memicu aliran positif dari kunci kontak untuk membuat alarm bekerja.
    pada saat pemicu kontak posisi on pada bagian yg sudah dialiri arus negatif yg saya sebutkan tadi maka bekerjalah rangkaian alarm dengan klakson berbunyi dan juga koil relay 85 dan relay 86 bekerja menarik kontak relay 30 dan 87.

    NB : klakson tidak akan mati apabila posisi kontak off, bagian pentingnya ada pada jalur positif aki ke relay 87.
    karena pemicu pertama kunci kontak di on mengakibatkan kemagnetan kumparan koil relay 85 dan 86 terjadi menarik relay 30 dan 87 menjadi tersambung.
    jadi aliran arus akan mengalir dari positif aki lewat relay 87 dan 30 ke klakson yg sudah terdapat aliran arus negatif.
    walaupun arus positif kunci kontak di off, klakson akan tetap bunyi karena pemicu awal kunci kontak on tadi telah mengaliri arus ke 87 dan 30 jadi istilahnya bypass dari jalur kunci kontak tadi dan telah mengunci aliran arus melewari relay 87 dan 30 tersebut.

    Semoga penjelasan saya dapat membantu.

    ReplyDelete
  20. maaf ralat gan, klo mw hidup trus walaupun kontak off, tambahin relay 1 lg, ambil kontak NO relay tmbhnnya., kaki relay no 85 ke kontak, no 30 ke aki positif, no 86 ke negatif/ground, dan no 87 ke sambungan relay awal 85&30.

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. Appreciate your thoughtful post! Also check the The Covert Voice .

    ReplyDelete